handphone-tablet

QORDUL HASAN : POTENSI EKONOMI YANG MASIH TERABAIKAN

Qordul hasan disebut juga dengan pinjaman kebajikan. Bagaimana prakteknya? Ketika anda dipinjamkan misal 1 juta rupiah maka anda hanya berkewajiban mengembalikan sebesar 1 juta rupiah. Atau jika anda dipinjamkan sebesar 100 juta rupiah anda hanya diwajibkan membayar sebesar 100 juta rupiah . Tidak lebih dan tidak kurang !

Qordul hasan adalah satu dari berbagai pilihan transaksi ekonomi islam yang belum dikelola maksimal. Saya pernah menyampaikan pendapat saya ke seorang pimpinan Bank Syariah yang ada di kota saya. Bisakah Bank yang dia kelola memaksimalkan Qordul Hasan ? Jawabannya sudah saya duga.. Tidak bisa katanya sambil tertawa.

Memang dalam industri bank syariah yang saat ini berkembang di Indonesia dan seluruh dunia, sistem Qordul Hasan tidak akan pernah bisa hidup. Mengapa ? jawabannya simpel. Bank kita dikelola secara mahal. Gedungnya, furniture nya. Alat transportasinya, dan tentu saja gaji pegawainya semuanya dibayar dengan mahal, dan bagaimana mungkin bisa membayar itu semua jika sistem qordul hasan tidak ada keuntungan apa pun bagi si pemilik modal.

Sistem ini akan lebih hidup jika dikelola lembaga finance mungkin bisa dalam bentuk koperasi atau lembaga lain yang manajemennya ringkas, kantornya sederhana namun memiliki kapital yang cukup untuk diputar di masyarakat.

 

Apa potensi Qordul Hasan ?

Besar sekali… coba fikirkan baik-baik. Jika anda membantu sebuah usaha dengan aqad Qordul Hasan, maka anda saya yakin akan senang juga memasukkan modal anda untuk membantu orang lain. Ini adalah sistem saling membantu. Hari ini anda di bantu, maka besok anda Insya Allah akan membantu, Itulah semangatnya.

Sekarang, ketika semangat itu menggelinding seperti bola salju, belasan orang yang merasakan nikmatnya ekonomi islam akan menggerakkan untuk menggerakkan puluhan orang lainnya yang seterusnya akan menggerakkan ratusan orang lainnya.. dan seterusnya.

Bukan mustahil dana yang masuk dalam sistem ini akan berkembang dengan pesat. Untuk sedekah saja orang mau habis-habisan, apalagi untuk membantu orang lain dalam bentuk modal yang uangnya tidak habis namun tetap jumlahnya. Waktu tidak mempengaruhi jumlah modal yang anda titipkan .

Seorang sahabat baik saya menanyakan ? Bagaimana dengan resikonya, apakah ada jaminan yang kita minta kepada nasabah yang meminjam denga Qordul Hasan ? Jawab saja : tentu saja ADA.
Manajemen resiko dan 5C yang sering dipakai Bank Syariah wajib ada, yang membedakannya adalah : Disini adalah ANDA HANYA MEMBAYAR SEBESAR YANG ANDA PINJAM ! ITULAH QORDUL HASAN …Hebat nggak ekonomi Islam .

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
ibu anak