umer chapraSiapa yang tidak kenal film india? Siapa yang tidak tahu kota yang sering jadi latar belakang film-film India. Ya….kota Bombay…. Pasti semuanya kenal dengan nama satu kota ini. Tapi apakah kamu tahu dikota ini lahir seorang ekonomi muslim yang terkenal didunia barat dan timur? Ya dialah Ekonom asal Pakistan, namanya adalah M. Umer chapra lahir pada tangal 1 februari 1993 di Bombay India. Ayahnya bernama Abdul karim chapra. Chapra dilahirkan dalam keluarga yang taat beragama, sehingga ia tumbuh menjadi sosok yang mempunyai karakter yang baik. Keluarga M. Umer chapra termasuk orang yang berkecukupan yang memungkinkan ia mendapatkan pendidikan yang baik pula. Masa kecilnya M. Umer chapra habiskan ditanah kelahirannya hingga berumur 15 tahun. Kemudian ia pindah ke Karachi untuk meneruskan pendidikannya disana sampai meraih gelar Ph.D dari universitas Minnesota. M. Umer chapraBeliau sangat berperan dalam perkembangan ekonomi islam . Ide ide cemerlangnya banyak tertuang dalam karangan-karangnya. Kemudian karena pengabdiannya ini beliau mendapatkan penghargaan dari Islamic development bank dan dari King faisal international award. Kedua penghargaan ini diperoleh pada tahun 1989.

M. Umer chapra adalah sosok yang memiliki ide ide cemerlang tentang ekonomi islam. Telah banyak buku dan artikel tentang ekonomi islam yang sudah diterbitkan samapai saat ini telah terhitung sebanyak 11 buku dan 60 karya ilmiah dan 9 rsensi buku. Buku dan karya ilmiah M. Umer chapra banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa tak ketinggalan juga bahasa Indonesia. Ada beberapa buku yang fenomenal hasil karya beliau yaitu: toward a just monetary system 1985, islam and economic challenge 1992, islam and the economic development 1994, dan terakhir adalah the future of economic; an Islamic perspective 2000, buku ini sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Berikut ini kami sampaikan tulisan tulisan dari makalah presentasi M. Umer chapra pada suatu acara yang beliau hadir sebagai pembicara. … Semoga bermanfaat

Tulisan 1

Tulisan 6

Tulisan 11
Tulisan 2Tulisan 7Tulisan 12
Tulisan 3Tulisan 8Tulisan 13
Tulisan 4Tulisan 9Tulisan 14
Tulisan 5Tulisan 10 Tulisan 15